jump to navigation

Tiga Pintu Kematian Februari 28, 2008

Posted by spanautama in SCIENCE NEWS.
trackback
Tiga Pintu Kematian dari Periode Suram Mesir Kuno
Para arkeolog menemukan tiga pintu kematian di dalam makam Mesir Kuno di necropolis dari awal Periode Tengah antara 2160-2055 sebelum Masehi.
Artikel Terkait:
Rabu, 27 Februari 2008 | 18:30 WIB

JAKARTA, RABU – Di dalam makam Mesir Kuno yang baru ditemukan di bekas kota Herakleopolis, para arkeolog menemukan tiga buah pintu kematian. Pintu bohong-bohongan di dinding makam itu selama ini diketahui sebagai portal untuk berkomunikasi dengan alam kubur dalam kepercayaan bangsa Mesir Kuno.

Makam tersebut berasal dari awal Periode Tengah yang berlangsung antara 2160-2055 sebelum Masehi. Periode ini dikenal sebagai masa suram yang diwarnai perseteruan dan perebutan kekuasaan, namun tak banyak benda peninggalan dari periode tersebut.

Kota Herakleopolis yang kini berada di wilayah Ihnasya el-Medina merupakan pusat kekuasaan kerajaan dinasti IX dan X. Kerajaan mengalmai kemunduran akibat terpecah-pecah di akhir Kerajaan Tua. Pengasa lokal kemudian melawan kakuasaan dan membentuk Kerajaan Tengah.

Simbol berbentuk persegi panjang sebesar pintu seperti ini memang umum ditemui pada makam kuno di Mesir. Namun, penemuan tiga pintu kematian ini memberikan informasi lebih banya bagi para arkeolog mengenai budaya, hasil seni, dan peristiwa-peristiwa sepanjang periode tersebut.

“Pintu palsu merupakan tempat interaksi manusia yang masih hidup dan mati. Ini sesungguhnya pintu masuk bagi nyawa untuk masuk dan keluar alam akhirat,” ujar salah satu peneliti, Salima Ikram, prosesor ilmu Mesir Kuno dari Universitas Amerika Kairo, Selasa (26/2). Bagian-bagian pintu dicat dengan warna khas biru dan merah.

Pintu yang terbuat dari tanah liat diukir kalimat-kalimat religius serta nama dan jabatan jenazah yang disemayamkan di dalam makam. Salah satunya tertulis Khety, nama salah satu raja dinasti IX dan X. Pintu lainnya mungkin menunjukkan orang-orang kepercayaan yang masih dalam lingkaran kerajaan.(NG/WAH)

<!–Print Email –>

komentar anda
Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: