jump to navigation

Ditemukan Lagi Fosil Gading Gajah Maret 10, 2008

Posted by spanautama in KABAR UTAMA.
trackback
Ditemukan Lagi Fosil Gading Gajah Purba di Patiayam
Sejumlah fosil untu buto dan tanduk kerbau yang diperkirakan berusia 500.000 tahun ditemukan di Bukit Patiayam, Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, 3 Oktober 2005.
Artikel Terkait:

Senin, 10 Maret 2008 | 12:19 WIB

KUDUS, MINGGU – Selama November 2007 hingga awal Maret 2008, tim Balai Arkeologi Jogjakarta atau BAJ dan sebagian warga menemukan dan menggali beberapa jenis fosil di situs Patiayam, Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Penemuan terbaru berupa dua fosil gading gajah purba (Stegodon trigono chepalus sp) oleh Mustakim (25) dan Karmijan (45), warga Desa Terban.

Fosil pertama berukuran panjang 2,70 meter dengan lingkar pangkal 61 sentimeter dan lingkar ujung 28 sentimeter. Fosil kedua berukuran panjang 2,25 meter, lingkar pangkal 51 sentimeter, dan lingkar ujung 15 sentimeter.

Menurut juru pelihara situs Patiayam, Mustofa, Minggu (9/3), sejak adanya laporan penemuan dua fosil gading gajah, dibutuhkan waktu sekitar empat hari empat malam untuk menjaga lokasi penemuan fosil itu agar tidak dimanfaatkan oknum tidak bertanggung jawab.

Selain dua fosil gading gajah, menurut Mustofa, di lokasi yang sama juga ditemukan fosil geraham, tulang paha, tulang bahu, dan beberapa bagian dari fosil binatang purba. Namun, penemuan-penemuan itu masih dibiarkan di lokasi karena takut rusak ketika hendak digali dan diangkat dari dalam tanah.

Kepala BAJ Siswanto menyatakan akan melanjutkan penelitian dan penggalian di sekitar situs. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kudus Brata Subagya, yang didampingi Kepala Seksi Museum Sejarah Kepurbakalaan Sancaka Dwi Supani, mengatakan akan meningkatkan pengamanan di sekitar situs.

Langkah ini dilakukan agar lokasi situs tidak dirusak oleh pihak-pihak yang tidak berkepentingan. Rusaknya situs bisa menyebabkan hilangnya sejumlah barang berharga serta terganggunya rangkaian penelitian dari fosil-fosil berharga yang ditemukan di sekitar situs tersebut. (KOMPAS/SUP)

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: