jump to navigation

Robot Berotot Tidak Lagi Kaku Maret 15, 2008

Posted by spanautama in TEKNOLOGI.
trackback
Robot Berotot Tidak Lagi Kaku
Peneliti Swiss, Christa Jordi, mendemonstrasikan balon logam yang telah dilengkapi otot artifisial sehingga lebih leluasa dikendalikan dengan radio controller.
Artikel Terkait:
Jumat, 14 Maret 2008 | 21:24 WIB

CALIFORNIA, KAMIS – Robot identik dengan bentuk yang kaku, namun tidak lagi jika dilengkapi otot buatan yang terbuat dari material yang lunak. Para ilmuwan dari berbagai institusi riset di dunia telah menggunakan teknologi tersebut untuk membuat bunga artifisial yang mekar otomatis atau robot ikan yang berenang dengan luwes.

Otot buatan terbuat dari material khusus yang disebut polimer elektroaktif. Jenis polimer ini dapat mengembang atau menyusut apabila diberi arus atau tegangan listrik berbeda-beda.

Para peneliti dari Swiss, misalnya, memanfaatkannya untuk membuat balon udara yang luwes dan kuat. Permukaan terluarnay dilapisi bahan logam namun balon ini  bebas meliuk-liuk di udara.

Sementara itu, para peneliti di Laboraotium Propulsi Jet NASA (JPL) di California juga menggunakannya untuk membuat robot pintar. Robot-robot tersebut didesain agar dapat mengambil, mengangkat, dan memindahkan objek dengan leluasa.

Prototipe robot-robot masa depan tersebut dipamerkan dalam konferensi tahunan Electroactive Polymer Actuators and Devices Conference di San Diego, AS, minggu ini. Pameran tersebut diselenggarkan Laboratorium Propulsi Jet milik NASA (JPL) yang berpusat di Institut Teknologi California.(JPL/WAH)

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: