jump to navigation

Ledakan Besar Goncang Albania Maret 17, 2008

Posted by spanautama in KABAR UTAMA.
trackback
Ledakan Besar Goncang Albania

MDNews-Albania-Setidaknya empat orang tewas dan sekitar 200 orang lainnya luka-luka dalam serangkaian ledakan di sebuah gudang senjata di dekat ibukota Albania, Tirana. Juru bicara Perdana Menteri Albania Sali Berisha mengatakan jumlah korban dikhawatirkan akan bertambah.

Ledakan terjadi pada saat tiga tim spesialis membongkar persenjataan usang di pangkalan tersebut. Ledakan pertama memicu ledakan-ledakan berikutnya, yang berlangsung selama beberapa jam dan menyebabkan kerusakan luas. Ledakan sangat kuat sehingga bisa dirasakan di Tirana dan di kota Durres di tepi pantai, sekitar 20 km dari tempat ledakan dan bisa didengar di negara tetangga, Macedonia.

Juru bicara Perdana Menteri, Juela Mecani, mengatakan beberapa rumah di dekat tempat penyimpanan senjata itu “hancur total”. Penerbangan di Bandara Internasional Ibu Teresa di Tirana, yang berada beberapa kilometer dari lokasi ledakan, dihentikan selama 30 menir karena kaca-kaca jendela pecah.

Para korban yang luka-luka dirawat di rumah sakit di Durres, serta di rumah sakit militer. Sebagian besar korban yang dirawat di rumah sakit militer di Tirana adalah penduduk sipil yang diangkut dengan mobil ambulans dan mobil pribadi.

Banyak dari mereka adalah wanita dan anak-anak. Juela Mecani mengatakan kepada kantor berita Reuters: “Kami belum mengetahui jumlah korban selengkapnya.”

“Namun kami mengkhawatirkan nasib ketiga tim itu yang bertugas di sana saat ledakan terjadi. Beberapa dari mereka adalah warga negara Amerika Serikat.”

Kesalahan manusia

Sebuah pernyataan pemerintah mengatakan empat jenazah sudah dibawa pergi dari situs tersebut, dan regu penyelamat berusaha mencari korban jiwa lainnya dan korban luka-luka. Sekitar 200 orang sudah dirawat di rumah sakit, tambah pernyataan pemerintah itu.

“Sepuluh orang dalam keadaan kritis, beberapa orang lainnya luka ringan,” kata Menteri Kesehatan Nard Ndoka kepada Reuters.

Upaya untuk menerbangkan regu penyelamat ke wilayah itu dengan helikopter awalnya dipersulit dengan ledakan yang tidak dapat berhenti, dan kendaraan lapis baja digunakan untuk membawa tim penyelamat ke wilayah tersebut.

“Daerah paling berbahaya adalah lokasi ledakan yang belum dapat kami jangkau,” kata Menteri Dalam Negeri Bujar Nishani.

PM Albania Sali Berisha, yang mengunjungi para korban di rumah sakit, mengatakan dia tidak bisa menutup kemungkinan ledakan terjadi akibat kesalahan manusia, namun dia menambahkan bahwa persenjataan di gudang penyimpanan itu bisa saja meledak sendiri karena sudah usang.

“Masalah amunisi adalah salah satu ancaman terbesar yang terus dihadapi Albania,” kata Berisha.
“Jumlahnya sangat besar dan terkumpul sejak tahun 1945 dulu.” (fkr_bbc)

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: