jump to navigation

Uap Air dan Materi Organik Melimpah di Luar Angkasa Maret 18, 2008

Posted by spanautama in SCIENCE NEWS.
trackback
Uap Air dan Materi Organik Melimpah di Luar Angkasa
Ilustrasi bintang muda yang dikelilingi material protoplanet yang mengandung senyawa organik dan uap air.
Artikel Terkait:

JAKARTA, SENIN – Menggunakan teleskop ruang angkasa Spitzer, para astronom menemukan materi organik dan air di sekitar sebuah bintang muda. Eksistensi air juga terekam di zona protoplanet bintang-bintang lainnya.

Material organik dan air yang merupakan bahan utama penyokong kehidupan itu terdeteksi keberadaannya pada cakram debu dan gas yang mengelilingi bintang. Cakram seperti itulah yang selama ini diyakini sebagai zona pembentukan planet-planet dan bulan.

Dengan mempelajari interaksi material organik dan air di cakram tersebut, proses kelahiran tata surya dapat dipelajari lebih baik. John Carr dari Laboratorium Riset Angkatan Laut AS dan Joan Najita dari National Optical Astronomy Observatory, Tucson, Arizona, AS menggunakan teknik pengukuran spektrografi inframerah terbaru untuk menganalisis dan mengukur komposisi kimia zona pembentukan planet di sekitar bintang AA Tauri berumur kurang dari satu juta tahun.

“Sebagian besar material di dalam cakram adalah gas, namun sampai sekarang sulit dipelajari komposisi gasnya,” ujar Carr. Meski demikian, mereka berhasil mendeteksi jejak tiga jenis molekul organik, yakni hidrogen sianida, asetilen, dan karbon dioksida serta uap air. Temuan tersebut dilaporkan dalam jurnal Science edisi 14 Maret 2008.

Dengan teknik sama, Colette Salyk dari Institut Teknologi California (Caltech) dan timya juga mendeteksi air di banyak bintang muda lainnya. Komposisi uap air di dua bintang bahkan sudah dipetakan lebih detil dengan teleskop Keck II di Hawaii dan dilaporkan dalam Astrophysical Journal Letters edisi 20 Maret 2008.

“Ini jauh lebih banyak daripada satu dua cakram saja,” ujar Geoffrey Blake, profesor kosmokimia dan ilmu planet-planet dari Caltech. Meski kadar upa air tidak sebanyak laut di Bumi, temuan ini menunjukkan bahwa uap air melimpah di luar angkasa.(JPL/WAH)

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: