jump to navigation

Banyak ‘Ulo Duwel’ Belum Teridentifikasi Maret 25, 2008

Posted by spanautama in SCIENCE NEWS.
trackback
Banyak ‘Ulo Duwel’ Belum Teridentifikasi
Dr Mumpuni, peneliti herpetofauna dari Pusat Penelitian Biologi menunjukkan salah satu sampel Ichtyophis sp. yang dikoleksi Museum Zoologicum Bogoriense, Cibinong, Bogor.
Artikel Terkait:

JAKARTA, RABU – Indonesia masih menyimpan banyak spesies herpetofauna (reptil dan amfibi) yang mungkin baru dalam dunia sains. Misalnya, bangsa amfibi tak berkaki dari ordo Gymnophiona yang hidup di dalam tanah.

“Orang Jawa sering menyebut ulo duwel,” kata Mumpuni, peneliti herpetofauna (amfibi dan reptif) dari Pusat Penelitian Biologi Museum Zoologicum Bogoriense, Cibinong, Bogor, Rabu (19/3). Beberapa sampel spesies dari genus Ichtyophis ini masih tersimpan di rak-rak museum dan belum teridentifikasi.

Mumpuni mengatakan, ulo duwel memang jarang diteliti. Populasinya di Jawa dan Banten belum pernah diteliti sebelumnya. Sebagian sampel yang belum diketahui jenisnya telah diambil dari daerah Bodogol, di kawasan Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango, Jawa Barat. Lainnya diambil dari Yogyakarta dan Pekalongan, Jawa Tengah.

Hewan yang kadang dikira cacing, kadang ular, ini jarang diteliti karena memang sulit ditemukan karena hidup di dalam tanah basah. Selain itu, proses identifikasi cukup rumit karena ditentukan dengan karakteristik jumlah sisik di tubuhnya.

Dari tiga ordo hewan bangsa amfibi yang paling banyak dipelajari di Indonesia baru anura, yakni katak dan sejenisnya. Gymnofiona masih jarang diteliti. Sementara ordo caudata, yang di dalamnya terdapat salamander, tidak hidup alami di wilayah tropis.(WAH)

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: