jump to navigation

Mendengar Bak Kelelawar Maret 25, 2008

Posted by spanautama in ANIMAL ACTION.
trackback
Mendengar Bak Kelelawar
Artikel Terkait:

JAKARTA, SENIN – Para ilmuwan telah mengembangkan algoritma komputer yang dapat mengenali jenis spesies tumbuh-tumbuhan tertentu berdasarkan pantulan gelombang suara yang ditangkap radar. Eksperimen ini dimaksudkan untuk meniru cara kerja echolocation, kemampuan kelelawar untuk menangkap mangsa dan menghindari rintangan di kegelapan.

Untuk meniru kemampuan ini, para peneliti dari Tubingen, Jerman mengembangkan data tersusun yang disebut spektogram dari hasil rekaman sinyal pantulan suara yang dipancarkan ke lima jenis tumbuh-tumbuhan. Data-data tersebut kemudian dipetakan berdasarkan waktu resopons terjadinya echo (suara pantulan) dan pola frekuensinya. Hasilnya bervariasi jika suara dipantulkan pada daun dan ranting berbagai jumlah dan ukuran.

Program yang dibuat untuk membedakan pola-pola ini ternyata dapat mengenali dengan ketepatan sangat baik. Untuk lima jenis tanaman yang diuji coba, tingkat akurasinya bahkan menedkati 100 persen.

“Temuan ini tidak hanya bernilai penting untuk memahami lebih dalam bagaimana kelelawar mendengar, namun mereka seharusnya juga dapat membantu manusia,” ujar Yossi Yovel, ketua tim peneliti yang melaporkan hasil penelitiannya dalam jurnal PLoS Computational Biology edisi terbaru. Selama ini, kebanyakan algoritma pengindera jauh meniru sistem penglihatan. Algoritma gelombang suara akan lebih bermanfaat terutama di lingkungan yang gelap atau redup.

Temuan ini juga memastikan bahwa perbedaan kecil sinyal pantulan cukup bagi kelelawar untuk membedakan buah yang diinginkan dan yang tidak. Manusia membedakan jeruk dan apel dengan melihat, tapi kelelawar harus ‘berbicara’ dengannya.(SCIENCE/WAH)

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: