jump to navigation

Ribuan Orang Unjuk Rasa di Amsterdam, Protes Wilders Maret 26, 2008

Posted by spanautama in KABAR UTAMA.
trackback
Ribuan Orang Unjuk Rasa di Amsterdam, Protes Wilders

AMSTERDAM — Ribuan pengunjuk rasa, Sabtu (22/3), mengguncang Amsterdam, Belanda. Mereka memprotes film anti-Islam besutan politikus Belanda, Geert Wilders.

Para pengunjuk rasa yang berasal dari beragam agama dan ras yang tergabung dalam ”Netherlands Shows Its Colors” itu mendesak pemerintah Belanda berbuat sesuatu demi kepentingan negara yang lebih luas. ”Kita tidak bisa lagi hanya berdiam diri karena saat ini ada iklim kebencian dan ketakutan di Netherland,” tegas Rene Danen dari Netherland Shows Its Colors.

Kepolisian Amsterdam memperkirakan sekitar dua ribu hingga tiga ribu orang ikut dalam aksi demo yang berlangsung damai di lapangan Amsterdam.

Spanduk bertuliskan ”Bergandengan tangan melawan pemfitnah sayap kanan yang populis” dan ”Hentikan Fitnah Terhadap Islam” berkibaran di antara para pengunjuk rasa. Mereka juga melontarkan kalimat yang mendesak pemerintah berbuat lebih untuk menghentikan Wilders.

”Pemerintah sebetulnya dapat berbuat lebih. Menjadi kepentingan negara untuk menghentikannya, dan melarangnya,” kata Hassan Iaeti, yang sengaja menempuh perjalanan beberapa jam dari bagian selatan Belanda untuk dapat mengikuti aksi demo di Amsterdam. ”Saya yakin Wilders telah melecehkan kebebasan berekspresi. Anda bisa mengkritik umat Muslim itu sendiri, tetapi tidak pada agama dan Nabi yang menjadi keyakinan mereka,” lanjutnya.

Sejauh ini belum jelas benar apa sebenarnya isi film Fitna. Tetapi Wilders mengatakan film itu menggambarkan kitab suci Alquran sebagai kitab fasis dan bahwa Islam adalah musuh kebebasan. Wilders yang juga anggota parlemen dan ketua Partai Kebebasan itu minggu lalu juga mengatakan akan merilis filmnya paling lambat 1 April.

Film berdurasi 15 menit itu dapat di lihat melalui situs www.fitnathemovie.com yang dibuatnya setelah stasiun televisi Belanda tidak ada yang berminat menayangkan filmnya. Wilders sebelumnya juga dipaksa membatalkan jadwal konferensi persnya menyusul tingginya biaya keamanan yang harus ditanggungnya. ”Ini bukan lelucon April Mop tetapi film pendek Fitna akan bisa dilihat di internet dalam waktu singkat, mungkin sebelum 1 April,” tulis Wilders dalam situs resmi partainya.

Sebelumnya, Perdana Menteri Belanda, Jan Peter Balkenende mengatakan meski tidak sepakat dengan pandangan Wilders tetapi pemerintah tidak bisa melarangnya terkait dengan kebebasan berekspresi dan berpendapat yang dimiliki Wilders. Pada saat yang sama pemerintah mengakui kekhawatiran mereka terhadap reaksi balik dari film itu.

Pemerintah juga berada dalam tekanan kuat para pemimpin umat beragama. Dalam pernyataan bersama yang dikeluarkan pemuka Muslim, Kristen, dan Katolik disebutkan mereka akan mengunjungi negara-negara Muslim sebagai usaha untuk menunjukkan mereka menjaga jarak dengan Wilders. Mereka juga menyebut film Wilders sebagai sebuah tindakan provokatif.

Para Pengacara Muslim Belanda yang tergabung dalam Federasi Islam Belanda juga membawa keberatan mereka ke jalur hukum. Mereka mendesak pemerintah mendirikan satu panel khusus untuk mempelajari film itu dan menemukan alasan untuk melarang peredarannya. Juru bicara pengadilan distrik Den Haag, Paula Koning, minggu lalu mengatakan sidang pertama dari kasus ini akan digelar 28 Maret. (ap/afp/lan/RioL )

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: