jump to navigation

Green Zone Irak Dihujani Roket Maret 28, 2008

Posted by spanautama in KABAR UTAMA.
trackback

Green Zone Baghdad
MDNews-Baghdad-  Tiga orang Amerika Serikat luka akibat serangan mortir atau roket atas Daerah Hijau Bagdad, yang dijaga sangat ketat, pada hari rabu, kata wanita jurubicara kedutaanbesar Amerika Serikat Mirembe Nantongo kepada AFP.

“Ya, kami bisa memastikan bahwa ada serangan tak langsung hari ini atas Daerah Hijau. Tiga pejabat pemerintah Amerika Serikat, yang merupakan orang Amerika Serikat, luka,” kata Nantongo kepada kantor berita Prancis tersebut.

Pejabat Amerika Serikat menyatakan serangan mortir atau roket itu sebagai serangan tak langsung.

Sebagai kedudukan pemerintah Irak dan kedutaanbesar Amerika Serikat, Daerah Hijau berulangkali diserang dalam beberapa hari belakangan.

Pada Selasa, daerah itu, yang pernah menjadi gugus kepresidenan Saddam Hussein, dihantam roket Katyusha, hanya dua hari sesudah dihajar empat gelombang serangan roket dan mortir.

Pernyataan tentara Amerika Serikat bahwa kebanyakan mortir atau roket, yang menghantam daerah itu, ditembakkan oleh unsur “nakal” pejuang Tentara Mahdi ulama keras Syiah Moqtada Sadr.

Serangan terkini atas Daerah Hijau itu terjadi saat pejuang Tentara Mahdi terlibat dalam pertempuran maut dengan tentara Irak dan Amerika Serikat di wilayah kota Sadr City di Bagdad. Bakutembak juga terjadi di Basra, kota utama di Irak selatan.

Dua roket menghantam pagar rumahsakit Ibn Sinna, satu roket jatuh di dekat bangunan kantor perusahaan keamanan Perdana Menteri Nuri Maliki dan roket keempat mendarat di dekat kantor Blackwater USA, perusahaan keamanan swasta bertugas melindungi anggota Kedutaanbesar Amerika Serikat, kata saksi kepada AFP.

Komandan tinggi Amerika Serikat di Irak, Jendral David Petraeus, menyalahkan negara tetangga Irak, Iran, atas serangan ahir pekan lalu dengan menyatakan itu “roket buatan Iran, yang disediakan Iran”.

Ia menambahkan, dalam wawancara dengan jaringan berita Inggris BBC, tindakan Iran itu merupakan “pelanggaran penuh atas janji Presiden (Mahmud) Ahmadinejad dan pemimpin utama lain Iran kepada mitra Irak mereka”.

Ribuan pegiat perdamaian berunjukrasa di pusat kota New York ahir pekan lalu untuk menandai lima tahun serbuan pimpinan Amerika Serikat ke Irak dan untuk meminta penarikan segera tentara mereka.

Pengunjukrasa meneriakkan “Ahiri perang sekarang!” dan membawa poster bertuliskan “Beri kesempatan bagi perdamaian” serta “Tidak sedolar pun lagi, tidak satu pun kematian lagi”.

Mereka menyanyikan lagu musyrik perdamaian dan mengheningkan cipta untuk mengenang yang tewas dalam serbuan tersebut.

Pengunjukrasa lebih dulu menyebar di jalan sepanjang 3,5 kilometer di Manhattan untuk membentuk rantai manusia, namun tidak berhasil. Selanjutnya, mereka datang ke sekitar Union Square New York.(zax/ant)

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: