jump to navigation

Korut usir pejabat Korsel Maret 28, 2008

Posted by spanautama in KABAR UTAMA.
trackback

Kompleks industri Kaesong
Kompleks Kaesong mempekerjakan 23.000 pekerja Korea Utara

Korea Utara mengusir sebagian besar pejabat pemerintah Korea Selatan yang bekerja di kompleks industri gabungan di dekat perbatasan yang merupakan simbol utama dari perujukan hubungan kedua Korea.

Kementerian unifikasi Korea Selatan mengatakan 11 dari 13 manajer di kompleks industri Kaesong sudah dipulangkan.

Produksi di zona industri di utara perbatasan yang terdiri dari 70 pabrik itu akan dilanjutkan.

Tidak ada penjelasan tentang alasan pengusiran para manajer pabrik tersebut, namun pemulangan mereka terjadi setelah Seoul mengatakan akan mengaitkan kemajuan di kompleks industri itu dengan kemajuan penghentian kegiatan nuklir Utara.

Amerika Serikat dan Korea Selatan sebelumnya memperingatkan Pyongyang bahwa waktu semakin tipis bagi Utara untuk menyatakan kemampuan nuklir negara itu sepenuhnya.

‘Kebijakan sinar matahari’

Selama empat tahun belakangan, kompleks industri Kaesong memadukan tenaga kerja murah dari Korea Utara dengan modal serta keahlian manajemen dari Korea Selatan.

Peta
 

Kompleks Kaesong didirikan sesuai dengan “kebijakan sinar matahari” yang dijalankan pemerintah Korea Selatan sebelumnya untuk meraih kemudahan lewat hubungan dengan Korea Utara.

Kaesong, yang terletak di utara zona demiliterisasi yang memisahkan kedua negara Korea itu, mempekerjakan lebih dari 23.000 pekerja Korea Utara dan ratusan manajer serta teknisi Korea Selatan.

Namun sekarang Korea Selatan memiliki pemerintah baru yang beraliran konservatif, yang dipimpin Presiden Lee Myung-bak, yang meminta imbalan lebih besar dari Utara bagi bantuan dan dana yang diberikan Selatan.

Menteri unifikasi Korea Selatan, Kim Ha-joong, mengatakan pekan lalu bahwa perluasan kompleks industri itu tergantung pada kemajuan pelucutan senjata nuklir Korea Utara.

Wartawan BBC John Sudworth di Seoul mengatakan seruan Korea Selatan itu tampaknya mendorong Korea Utara memerintahkan para pejabat pemerintah Korea Selatan ditarik dari Kaesong.

Namun, menteri Korea Selatan itu mengatakan demi semangat kerja sama, produksi di Kaesong tidak akan terhenti.

Kim Ha-joong juga menyatakan “penyesalan mendalam” atas pengusiran para pejabat Korea Selatan tersebut dan mendesak Pyongyang untuk menormalkan hubungan ekonomi secepatnya.

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: