jump to navigation

Ditemukan Arca Ratu Mesir Kuno Berukuran Raksasa April 2, 2008

Posted by spanautama in KABAR UTAMA.
trackback
Sosok Ratu Tiye masih terlihat jelas dari arca setinggi 3,6 meter yang ditemukan di reruntuhan kaki arca raksasa Amenhotep III di Luxor, Mesir.

KAIRO, SELASA – Sebuah arca raksasa yang menggambarkan sosok seorang wanita baru saja ditemukan dari puing-puing kuil Raja Amenhotep III. Arca yang masih utuh diyakini sebagai sosok Ratu Tiye, salah satu istri kesayangan raja Mesir Kuno yang berkuasa antara 1390-1350 sebelum Masehi itu.

Arca setinggi 3,6 meter itu ditemukan para arkeolog dari Mesir dan Eropa di bagian reruntuhan kaki arca lebih besar yang menggambarkan sosok Amenhotep III. Lokasi ditemukannya arca tersebut merupakan kompleks arkeologi yang luas dengan panjang hingga 700 meter. Arca paling terkenal dari situs ini adalah Kolosi Memnon, sosok Raja Amenhotep III setinggi 21 meter yang menjulang di pintu gerbang kuil sebelum hancur karena gempa di abad pertama.

“Yang mengejutkan, ia tidak rusak,” ujar Hourig Sourouzina, arkeolog yang memimpin penggalian di situs tersebut sejak tahun 2000. “Kaki arca (Memnon) rusak berat sehingga mengejutkan melihat ratunya berada di antaranya dengan kondisi utuh-ia sangat cantik.”

Selain arca tersebut, para arkeolog juga menemukan sepuluh arca dari batu granit lainnya, sepuluh arca Sekhmet atau dewi kesejahteraan dan pengobatan yang berkepala singa,  serta dua sphinx (patung berkepala manusia dan berbadan singa) yang menggambarkan Amenhotep III bersama Ratu Tiye. Penggalian ini adalah bagian dari proyek rehabilitasi kompleks kuil kuno yang sebelumnya diketahui memiliki enam patung raksasa Amenhotep III.

Kompleks yang megah dan patung-patung raksasa menggambarkan bahwa Mesir pada saat kekuasaan Amenhotep III sangat makmur. Arca tersebut juga menunjukkan bahwa wanita juga menempati posisi yang penting di kerajaan. Namun, di akhir hayatnya, raja yang berkuasa puluhan tahun itu mungkin sakit-sakitan sehingga harus menghadirkan dewi pengobatan.(NG/WAH)

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: