jump to navigation

Feeling lonely? April 2, 2008

Posted by spanautama in TENTANG.
trackback

Hudzaifah.org – Pernah ga kamu merasa sendiri bekerja didalam suatu organisasi? Merasa ditinggal sendiri dengan seabrek-abrek amanah dipunggungmu tanpa ada yang berusaha membantu?

Organisasi, Dari makna katanya sendiri berarti kumpulan individu-individu yang bekerja dan berusaha bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Tentu saja dalam konteks ini bertujuan untuk mencapai ridho Allah SWT yang paling tinggi. Tapi kenapa kok dalam organisasi, khususnya organisasi dawah, masih sering ada yang merasa bekerja sendiri. Entah dikarenakan sumber daya manusianya yang kurang atau sumber daya-sumber daya manusianya sendiri yang tidak peka terhadap amanah dan tanggung jawabnya sehingga dengan santainya menganggap remeh amanah tsb.

Apakah kamu pernah merasa demikian? Kalau iya, mungkin kamu harus berpikir kembali, minimal sadarilah bahwa Allah SWT selalu bersamamu, menemani setiap langkahmu, dan mempunyai rencana yang terbaik dibalik amanah yang diberikan kepadamu.
Tiada beriman orang yang tidak memegang amanah dan tidak ada agama bagi orang yang tidak menepati janji. (H.R. Adailami)

Semisal kamu adalah ketua panitia dan berada dalam suatu kepanitiaan yang membutuhkan kerja sama tim yang kompak, masing-masing individu sudah diserahi amanah yang berbeda-beda. Tapi dikemudian hari semangat mereka turun dan mungkin menganggap remeh amanah tersebut. Apa yang kira-kira mesti kita lakukan sebagai KP? Mengambil alih semua amanah tersebut dan mengerjakannya sendiri? Ataukah mungkin yang lebih parah lagi kita yang ikut meninggalkan amanah kita sebagai KP karena kecewa dengan respon teman-teman?

Mungkin itulah yang harus disadari oleh masing-masing individu tersebut. Meyakinkan diri bahwa amanah adalah sesuatu yang harus dijalankan adalah salah satu hal yang pertama kita lakukan. Percaya kepada rekan-rekan bahwa mereka bisa menjalankannya dengan baik. Evaluasi secara berkala progress acara tersebut dalam forum yang berkala pula. Husnudzon (berbaik sangka) kepada rekan-rekan juga salah satu hal yang terpenting.

Kesimpulannya, banyak orang yang merasa sering dikecewakan karena ketidaksadaran rekan-rekannya akan amanah yang diemban adalah suatu hal yang sering pula menghinggapi setiap kepanitiaan atau kepengurusan dalam suatu organisasi, khususnya organisasi dawah. Hal inilah yang harus kita cermati bersama dan sadari bahwa amanah harus dilaksanakan dengan baik dan benar. Luruskan niat dan tujuan selalu kuncinya.

Wallahualam bishowab.

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: