jump to navigation

Kejut Listrik Tingkatkan Khasiat Tanaman Obat April 2, 2008

Posted by spanautama in KABAR UTAMA.
trackback
Petani di Talang Pete, Kecamatan Plaju, Palembang, Sumsel sedang memanen buah rosella (Hibiscus sabdarifa), Rabu (2/5). Buah rosella yang memiliki berbagai macam khasiat dapat dibuat teh, sirup, dan selai, namun penanaman buah rosella belum dilakukan secara massal.

JAKARTA, SENIN – Kejut listrik mungkin dapat digunakan untuk meningkatkan produksi pertanian tanaman obat. Sebab, pemberian aliran arus listrik beberapa miliamper kepada tanaman obat jenis tertentu diketahui meningkatkan kandungan zat kimia yang berkhasiat.

Penelitian yang dilakukan di Universitas Arizona, AS ini pertama kali membuktikannya untuk meningkatkan produksi senyawa hyoscyamin dari tanaman herba Hyoscyamus muticus. Pengaruh yang sama ternyata berhasil pula pada tanaman obat lainnya.

Hans VanEtten dan timnya telah mencoba pada delapan spesies tanaman, antara lain dari biji pagoda dari Jepang hingga biji-bijian. Masing-masing akarnya diberi aliran arus listrik 30 miliampere. Setelah diamati dalam waktu tertentu, tujuh tanaman menghasilkan senyawa obat 20 kali lipat daripada perlakuan normal. Sementara satu tanaman menghasilkan peningkatan hingga 168 kali lipat. Hasil yang diperoleh sebanding dengan cara konvensional, dengan zat kimia atau tekanan fisik.

“Fakta bahwa kami dapat menggunakan arus listrik daripada racun untuk meningkatkan produksi senyawa kimia sungguh mengejutkan,” ujar vanEtten. Hasil penelitiannya dilaporkan dalam jurnal Biotechnology Progress edisi terbaru.

Para ilmuwan sebenarnya telah lama memahami bahwa tumbuh-tumbuhan akan memberikan respon perlawanan jika stress. Misalnya, menghasilkan lebih banyak kimia racun yang bisa membunuh serangga. cara ini juga dipakai untuk meningkatkan produksi senyawa khasiat. Namun, cara-cara yang dilakukan selama ini umumnya tidak ramah dan dapat merusak tubuh tanaman. Misalnya dengan menyebar hewan yang biasanya menjadi hama secara terkendali atau menaburkan zat beracun seperti tembaga klorida untuk menciptakan lingkungan yang keras. Meskipun efektif cara seperti ini menghabiskan biaya tinggi.(NATURE/WAH)

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: