jump to navigation

Manusia Injak Eropa Sejak 1,2 Juta Tahun Lalu April 2, 2008

Posted by spanautama in KABAR UTAMA.
trackback
Fosil rahang manusia berusia 1,2 juta tahun yang digali dari situs Atapuerca dekat Kota Burgos, Spanyol bagian utara.

JAKARTA, SENIN – Nenek moyang bangsa Eropa telah menginjak benua tersebut sejak 1,2 juta tahun lalu atau 400 ribu tahun lebih tua dari perkiraan semula. Kesimpulan yang dimuat dalam jurnal Nature terbaru tersebut berdasarkan fosil manusia yang ditemukan di Spanyol bagian utara.

Fosil rahang dan gigi ditemukan di sebuah gua dekat Kota Burgos. Temuan ini lebih tua dari fosil manusia Eropa tertua sebelumnya yang juga ditemukan dekat situs tersebut.

“Ini adalah manusia tertua di Eropa. Dengan fosilnya, kami dapat mengatakan bahwa Eropa dihuni lebih awal dari perkiraan,” ujar Andreu Olle, arkeolog yang menggali di situs bernama Atapuerca itu sejak tahun 1990-an. Selama ini para arkeolog sudah menemukan bukti-bukti populasi di Spanyol, Prancis, dan Italia pada kurun waktu tersebut, namun hanya menemukan fosil hewan.

Meski sangat tua, fosil yang diperkirakan berasal dari Homo antecessor tersebut menunjukkan sifat-sifat yang mirip manusia modern. Mereka mungkin bercampur dengan manusia awal yang baru keluar dari Afrika.  Selama ini, para ilmuwan sepakat bahwa nenek moyang manusia berasal dari Afrika dan manusia modern yang membawa kebudayaan zaman batu mulai menyebar ke berbagai belahan dunia sejak 50.000 tahun lalu.

Penemuan fosil manusia Eropa tertua di Spanyol menguatkan pendapat bahwa manusia menyebar melalui Timur Tengah dan bukan menyeberangi Selat Gibraltar yang emisahkan Eropa dan Afrika. Sebab, rahangnya mirip dengan fosil manusia berusia 1,7 juta tahun yang ditemukan di Georgia, negara di Asia tengah.(RTR/WAH)

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: