jump to navigation

Laporan Keuangan Clinton April 7, 2008

Posted by spanautama in KABAR UTAMA.
trackback

Penghasilan Clinton banyak dari pidato yang diberikan di seluruh dunia
Penghasilan Clinton banyak dari pidato yang diberikan di seluruh dunia

Bakal calon presiden dari Partai Demokrat Hillary Clinton dan suaminya, mantan presiden Bill Clinton membeberkan penghasilan mereka mencapai lebih dari 100 juta dolar dalam delapan tahun terakhir.

Sejak tahun 2000, keluarga mantan presiden ini mendapat penghasilan mencapai 110 juta dolar, dengan lebih dari 20 juta dolar dihasilkan di tahun 2007, dan menyumbangkan lebih dari 10 juta dolar untuk badan amal.

Hampir separuh dari penghasilan tersebut dihasilkan dari pidato yang disampaikan oleh Bill Clinton dalam berbagai acara.

Nyonya Clinton mendapatkan tekanan untuk menyampaikan penghasilan mereka, karena saingannya Barack Obama sudah mengumumkan pendapatannya di tahun 2000-2006.

Baik Senator Obama dan John McCain, calon presiden dari Partai Republik, mengatakan mereka akan menyampaikan pendapatan mereka di tahun 2007, beberapa minggu ke depan.

Menurut laporan wartawan BBC Jack Izzard dari Washington, kedua bakal calon dari Partai Demokrat ini ingin menunjukkan bahwa mereka tidak menyembunyikan apapun dari para pemilih.

Menurutnya banyak warga Amerika pasti akan dengan seksama memperhatikan pendapatan yang dilaporkan keluarga Clinton ini.

“Keluarga Clinton sudah menyampaikan kepada publik penghasilan mereka selama 30 tahun terakhir, rekor yang mungkin hanya bisa disamai oleh beberapa orang saja,” kata Jay Carson, juru bicara kampanye Clinton.

“Tidak ada satupun bakal calon presiden lainnya menyampaikan pendapatan mereka serinci ini.” tambah Carson.

Menurut daftar yang dikeluarkan tersebut, keluarga Clinton membayar pajak sekitar 34 juta antara tahun 2000 dan 2007.

Terakhir kalinya keluarga Clinton menyampaikan keadaan keuangan mereka adalah di tahun 2000, tahun ketika mereka meninggalkan Gedung Putih.

Di tahun ini, mereka melaporkan penghasilan kotor 416 ribu dolar.

Sejak tidak lagi menjadi presiden, Bill Clinton kemudian diundang ke berbagai penjuru dunia untuk berpidato, dan juga terlibat dalam beberapa kegiatan bisnis.

Dia juha mendapatkan penghasilan 30 juta dolar dari dua bukunya, My Life dan Giving.

Nyonya Clinton sendiri mendapatkan 10 juta dolar dari bukunya Living History.

Dia menyumbangkan pendapatannya dari buku lainnya, It Takes a Village, untuk badan amal.

Distributor bir

Minggu lalu, Obama mengeluarkan penghasilannya selama tujuh tahun terakhir di situsnya.

Data menunjukkan bahwa dia mendapatkan penghasilan hampir 1 juta dolar di tahun 2006, hampir separuhnya dari penerbitan buku keduanya, The Audacity of Hope.

Dalam laporan keuangannya, Senator McCain melaporkan bahwa sumber utama penghasilannya adalah dari gajinya sebagai Senator sebanyak 170 ribu dolar, dan pensiunnya dari Angkatan Laut sebanyak 56 ribu dolar.

Meskipun istri McCain adalah salah seorang yang berhak mendapatkan warisan dari Hensley & Co, salah satu distributor bir terbesar di AS dengan penghasilan lebih dari 100 juta dolar – namun kekayaan itu sebagian besar atas nama istrinya.

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: