jump to navigation

Ada Tidaknya “Partikel Tuhan” Segera Dibuktikan April 9, 2008

Posted by spanautama in KABAR UTAMA.
trackback
<!–Print Email –>

JENEWA, SENIN – Meski seorang atheis, pakar fisikawan Inggris, Peter Higgs, yakin bahwa “partikel Tuhan” itu ada. Ia akan membuktikan benar tidaknya teori yang dikemukakannya 40 tahun lalu yang menyatakan bahwa terdapat energi  berkekuatan besar yang membentuk massa alam semesta hingga kehidupan dapat terbentuk.

Higgs yakin komposisi alam semesta yang sagat kompleks mulai berkembang diawali terbentuknya sebuah partikel yang disebutnya Higgs boson. Pembentukan partikel yang diperkirakan terjadi sesaat setelah ledakan besar (Big Bang) 15 miliar tahun lalu itu mungkin dapat ditiru pembentukannya di pusat penelitian nuklir eropa atau CERN (Centre Europeen pour la Recherche Nucleaire) yang dibangun di perbatasan Prancis-Swiss.

“Kemungkinan besar partikel akan muncul dengan sangat cepat. Saya yakin lebih dari 90 persen itu akan terjadi,” ujar Higgs. Simulasi yang meniru kondisi saat awal pembentukan alam semesta akan dilakukan dalam fasilitas Large Hadron Collider (LHC) di laboratorium CERN. Di ruangan khusus berukuran besar, para ilmuwan akan menembakkanpartikel-partikel kecepatan tinggi hingga mendekati kecepatan cahaya untuk mempelajari proses yang mungkin terjadi di awal pembentukan alam semesta. Para ilmuwan di sana berharap dapat menjelaskan Higgs boson yang juga disebut “Partikel Tuhan”. Mereka menamainya demikian untuk mencandai Higgs yang menganut paham atheis.

Teori Higgs berawal dari keheranannya mengapa benda bermassa akan kehilangan wujud jika bagian-bagiannya dipecah dalam ukuran moleul, atom, dan quark. Dari sana, ia berpendapat bahwa materi pertama yang terbentuk di ruang angkasa tidak memiliki berat di awal pembentukan alam semesta. Namun, seiring bertambahnya waktu, materi semakin besar massanya.

Hal tersebut hanya bisa terjadi jika terdapat ruang khusus yang menyatukan pertikel-partikel menjadi satu. Sebab, jika tidak, partikel-partikel akan beterbangan bebas di ruang angkasa dan tidak akan pernah membentuk bintang atau planet.(RTR/WAH)

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: