jump to navigation

Astronot Pertama Korea Melesat ke Luar Angkasa April 9, 2008

Posted by spanautama in KABAR UTAMA.
trackback
Yi So-yeon akan menjadi calon astronot pertama Korea Selatan.
<!–Print Email –>

BAIKONUR, SELASA – Sebuah roket Soyuz milik Russia sukses diluncurkan dari Kosmodrom Baikonur, Kazakhstan, Selasa (8/4). Wahana telah hilang dari pandangan hanya beberapa menit usai peluncuran sekitar pukul 5.16 waktu setempat atau 19.16 WIB.

Wahana Soyuz TMA-12 tersebut membawa tiga orang awak yang akan menjalankan misi selama beberapa hari di stasiun antariksa internasional atau ISS (international space station). Salah satunya adalah astronot pertama Korea Selatan, Yi So-yeon. Dua awak lainnya masing-masing kosmonot Sergei Volkov dan Oleg Kononenko.

Yi So-yeon adalah wanita berusia 29 tahun yang selama ini berprofesi sebagai seorang insinyur nanoteknoogi. Ia akan melakukan sejumlah penelitian ilmiah selama 10 hari misi di luar angkasa.

Ia terpilih sebagai astronot pertama negeri ginseng tersebut setelah menyisihkan 36.000 pesaingnya di Korea Selatan lewat kompetisi yang diselenggarakan pada tahun 2006. Yi yang status sebelumnya sebagai astronot pengganti menggeser posisi Ko San, yang didiskualifikasi setelah kedapatan menggunakan dokumen teknis tanpa izin dari pusat pelatihan kosmonot Star City dekat Moskow.

Yi telah menempatkan Korea Selatan sebagai negara kesembilan di Asia yang pernah mengirimkan warga negaranya ke luar angkasa. Warga Asia pertama yang meluncur ke luar angkasa adalah Pham Tuan dari Vietnam pada tahun 1980, kemudian diikuti warga negara Mongolia, Afghanistan, Jepang, India, Kazakhstan, China, dan Malaysia.

Meski atas nama Korea Selatan, ia lebih bangga sebagai orang Korea pertama yang mengangkasa. Dalam pernyataannya sebelum meluncur, ia mengatakan keberhasilannya meluncur ke luar nagkasa akan dibanggakan kedua negara yang masih bertikai.

“Saya berharap suatu saat mereka akan menjadi satu dan saya harap warga Korea Utara ikut gembira menymabut penervbangan saya,” ujarnya. Misinya di luar angkasa akan berlangsung sampai 19 April.(RTR/WAH)

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: