jump to navigation

Jepang gagal kuota paus April 15, 2008

Posted by spanautama in KABAR UTAMA.
trackback
Pegiat antipenangkapan ikan paus
Para pemrotes membuntuti armada penangkap ikan paus Jepang

Armada kapal penangkap ikan paus Jepang gagal memenuhi kuota setelah kegiatan penangkapan ikan diganggu oleh serangkaian aksi protes yang dilancarkan para pegiat antipenangkapan ikan.

Badan perikanan Jepang mengatakan kapal-kapal Jepang hanya berhasil menangkap 60 persen ikan paus minke. Tadinya mereka mematok sasaran menangkap 850 ikan paus.

Kapal-kapal tersebut akan merapat di Jepang dalam beberapa hari ke depan setelah melakukan penangkapan di perairan sekitar Antartika. Selama melakukan penangkapan di Antartika, kapal-kapal ini dibuntuti oleh kapal-kapal para pegiat.

Wartawan BBC di Tokyo, Chris Hogg, mengatakan untuk pertama kalinya dalam 20 tahun aksi-aksi protes berhasil membuat para penangkap ikan paus gagal memenuhi sasaran.

Serangan bertubi-tubi

Armada kapal Jepang berlayar ke Antartika November silam. Namun para pejabat mengatakan, para penangkap ikan Jepang kehilangan waktu 31 hari akibat aksi para pemrotes.

“Sabotase oleh para pegiat menjadi faktor utama kegagalan kami memenuhi sasaran,” kata seorang pejabat di Badan Perikanan Jepang.

Kelompok lingkunan Greenpeace, yang membuntuti para penangkap ikan paus Jepang selama beberapa pekan mengatakan kecewa karena armada Jepang masih bisa menangkap ikan-ikan paus.

Kelompok The Sea Shepherd Conservation Society, yang terlibat bentrok fisik dengan para penangkap ikan mengatakan kegiatan mereka berhasil menyelamatkan ratusan binatang.

Sejumlah pihak di Jepang menyebut para pemrotes sebagai teroris lingkungan.

Tahun lalu jumlah ikan paus yang ditangkap Jepang juga berkurang karena kebakaran yang terjadi di salah satu kapal penangkap ikan.

Tokyo mengatakan mereka menangkap ikan untuk kepentingan penelitian ilmiah, namun para pengecam mengatakan data penelitian bisa diperoleh tanpa harus menangkap ikan-ikan paus.

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: