jump to navigation

Kosovo, Terpaksa Shalat Jum’at “Dua Kali” Mei 6, 2008

Posted by spanautama in KABAR KEAGAMAAN.
trackback

ImageKosovo, alislamu.com – Setelah merdeka dari Serbia pada 17 Ferbruari yang lalu dan diakui oleh mayoritas negara-negara Eropa, Kosovo menjadi negara Islam kedua di Eropa setelah Al-Bania. Tetapi, persentase jumlah kaum muslimin di Kosofo lebih tinggi, 90% penduduknya beragama Islam. Sebelum adzan shalat Jum’at dikumandangkan, beberapa masjid di negara Kosovo sudah dipenuhi para jama’ah. Kaum muslimin Kosovo–yang didominasi oleh kawula muda—datang dengan berbondong-bondong bagaikan ombak lautan yang mengalir untuk memenuhi seruan Allah.

Tatkala imam mulai naik ke mimbar dan dikumandangkan adzan, jama’ah shalat Jum’at semakin bertambah sehingga masjid tidak lagi bisa menampungnya. Mereka pun terpaksa shalat Jum’at di halaman hingga di jalan raya. Jama’ah yang terlambat menengok ke kanan dan ke kiri, berharap akan mendapatkan tempat untuk shalat setelah khutbah selesai.

Para ulama setempat kemudian membolehkan bagi kaum muslimin Kosovo untuk melaksanakan shalat Jum’at dua kali karena kondisi dharurat.

“Kita shalat Jum’at dua kali, pertama untuk orang-orang umum, sedangkan yang kedua untuk para siswa yang sedang belajar di sekolah-sekolah. Pembagian menjadi dua kali shalat tersebut karena jumlah orang yang shalat melampaui kapasitas masjid dan halamannya,” ujar salah seorang pengurus masjid di Kosovo. (iso/fani)

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: