jump to navigation

34 parpol ikut Pemilu 2009 Juli 8, 2008

Posted by spanautama in KABAR UTAMA.
trackback
senayan, indonesia
Puluhan partai politik akan bertarung untuk masuk gedung DPR-RI di Senayan

Komisi Pemilihan Umum tadi malam menetapkan 18 partai politik baru yang berhak ikut pemilu 2009, setelah dinyatakan lulus verifikasi faktual.

Ditambah 16 partai lama yang telah memiliki keterwakilan di DPR, maka sekarang ada 34 partai politik peserta pemilu legislatif 2009. Demikian hasil rapat pleno KPU yang diumumkan kepada pers, Senin malam.

Angota Badan Pengawas Pemilu atau Banwaslu, Wahidah Suaib, mengatakan, kehadiran partai politik yang relatif banyak ini adalah akibat aturan verifikasi faktual parpol yang terlalu longgar.

Ketua KPU, Hafiz Anshary, didampingi pengurus lainnya, membacakan hasil rapat pleno yang menyebutkan 18 partai politik baru itu.

30% perempuan

Verifikasi faktual dimulai pertengahan Juni lalu. Verifikasi faktual adalah pengecekan ulang terhadap kondisi partai, apakah sesuai laporan hasil verifikasi administrasi KPU atas yang dilakukan sebelumnya terhadap 35 partai.

Menurut Hafiz, selain harus memenuhi persyaratan kebenaran keberadaan kantor dan pengurus, ada syarat lainnya seperti keterwakilan perempuan sebanyak 30% untuk jajaran pengurus harian partai.

Partai Wiranto

Delapan belas partai yang lolos verifikasi faktual di antaranya adalah Partai Hanura yang dipimpin mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Wiranto, serta Partai Gerakan Indonesia Raya yang akan mencalonkan mantan Danjen Kopassus Letjen (Purn) Prabowo Subianto.

wiranto
Wiranto akhir-akhir ini banyak pasanga iklan di media dan juga iklan papan

Dibandingkan pemilu 2004 yang diikuti 24 partai, jumlah partai pemilu tahun depan lebih banyak.

Ketika KPU mengumumkan hasil rapat pleno, puluhan pendukung parpol yang lulus verifikasi faktual memadati jalan di depan kantor komisi.

Mereka menyambut putusan itu dengan suka cita, tetapi menolak anggapan Banwaslu bahwa verifikasi faktual terlalu longgar.

Chudry Sitompul, pimpinan Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU), mengatakan partainya melakukan pemeriksaan ke dalam.

“Sebelum KPU melakukan verifikasi, kami pun melakukan verifikasi internal,” kata Chudry.

Silakan gugat

Kepada parpol yang tidak lolos, KPU mempersilakan mereka untuk mengajukan gugatan hukum terhadap putusan ini.

Komisi ini sendiri menganggap proses verifikasi faktual itu sudah sesuai aturan yang berlaku, dan sudah dilakukan secara benar.

Enam parpol Aceh

Selain menetapkan 18 parpol baru peserta pemilu tahun depan, KPU juga mengumumkan enam parpol lokal di Nanggroe Aceh Darussalam yang berhak ikut Pemilu 2009.

Mereka dinyatakan lulus berdasarkan hasil verifikasi oleh sebuah komite independen.

Setelah penetapan parpol peserta pemilu, KPU pada hari Rabu (9 Juli) akan mengundi nomor urut parpol, sebelum masa kampanye tanpa rapat umum dibuka pada akhir pekan ini.

Komisi ini menetapkan pemungutan suara Pemilu Legislatif akan digelar menjadi tanggal 9 April tahun depan.

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: