jump to navigation

Setelah Cincin, Cassini Fokus Kepada Bulan-bulan Saturnus Juli 8, 2008

Posted by spanautama in SCIENCE NEWS.
trackback
Ilustrasi wahana Cassini saat melayang dekat cincin Planet Saturnus.

WASHINGTON, SELASA – Setelah memasok citra spektakuler cincin yang mengelilingi Planet Saturnus dalam beberapa tahun belakangan ini, wahana antariksa Cassini akan mengalihkan perhatiannya pada beberapa bulan planet keenam di tata surya itu. Target berikutnya adalah mengamati pengaruh cahaya matahari terhadap atmosfer planet gas raksasa itu berikut bulan-bulannya.

Cassini akan diperintahakn untuk terbang mendekati beberapa bulan Planet Saturnus seperti Titan, Enceladus, Dione, Rhea dan Helene. Badan antariksa AS, NASA juga telah menyepakati pendanaan baru untuk melanjutkan program 60 kali mengelilingi Planet Saturnus.

Dalam empat tahun terakhir, paa ilmuwan melihat tanda-tanda lingkungan yang ramah kehidupan di Titan seperti tanda-tanda adanya laut bawah tanah. Sementara di Enceladus menyemburkan uap air raksasa yang diperkirakan berasal dari es yang menguap.

“Penemuan ini telah menjawab semua target yang akan kita capai saat meluncurkannya. Kita telah menjawab pertanyaan-pertanyaan sebelumnya dan mengajukan beberapa pertanyaan baru,” kata Bob Mitchell, manajer programn Cassini di Laboratorium Propulsi Jet NASA, Pasadena, California.

Misi perpanjangan kali ini disebut Equinox, sebagai simbol dari musim semi yang panjang. Pada 2009, Cassini akan menjumpai musim semi dengan lama siang dan malam berlangsung sama di Saturnus, suatu yang hanya terjadi setiap 14 tahun sekali. Para ilmuwan akan dapat melihat apa yang terjadi ketika Matahari bergeser dari selatan ke utara garis ekuatornya.

Pesawat antariksa Cassini merupakan pesawat pertama yang melakukan eksplorasi atas sistem cincin dan bulan Saturnus. Cassini dikirimkan bersama wahana Huygen milik Badan Antariksa Eropa (ESA), yang menembus atmosfir Titan pada Januari 2005. Misi Cassini-Huygen adalah proyek kerjasama NASA, adan antariksa Eropa ESA, dan Badan Antariksa Italia.

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: