jump to navigation

150 Karyawan Dipecat Lantaran Beristirahat di Waktu Buka Puasa September 16, 2008

Posted by spanautama in KABAR UTAMA.
trackback

Tuesday, 16 September 2008

ImagePerusahaan pengalengan daging di Amerika, memecat 150 karyawan muslim lantaran mereka beristirahat untuk melaksanakan shalat maghrib dan buka puasa di bulan Ramadhan.

Direktur perusahaan Swift menentang pengambilan waktu istirahat tersebut, padahal lebih dari 220 muslim asal Somalia bekerja sebagai karyawannya.

Juru Bicara Pusat Hubungan Islam Amerika, Ibrahim Hooper, menegaskan, “Sebenarnya perselisihan seputar apa yang dilakukan oleh para karwayan muslim dalam menjalankan kewajiban agama mereka disela-sela waktu kerja mereka telah sering terjadi, dan rata-rata dapat diselesaikan dengan damai. Tapi, kasus yang terjadi di perusahaan ini belum pernah terjadi sebelumnya.”

Kasus tersebut bermula dari keluarnya 220 karyawan muslim perusahaan Swift untuk beristirahat, tepatnya ketika tenggelamnya matahari sebagai bentuk protes terhadap perusahaan yang telah melarang mereka untuk melaksanakan buka puasa dan shalat.

Hooper menambahkan, “Shalat maghrib adalah shalat yang tidak mungkin diakhirkan, karena waktu pelaksanaannya sangat sempit. Terlebih di bulan Ramadhan, mereka pasti ingin berbuka puasa setelah seharian penuh berpuasa. Sehingga, tidak mungkin mereka menunggu waktu istirahat satu jam kemudian.”

Juru bicara pusat hubungan Islam juga menyatakan, “Kami telah menyiapkan pengacara untuk menengahi antara pihak menejemen perusahaan dengan para karyawannya, mereka akan mengadukan ke pengadilan apabila perusahaan tidak menghormati kewajiban agama para karyawannya. Dengan demikian, perkaranya tidak akan terjadi seperti ini,” (Ism/fani).

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: