jump to navigation

Slumdog Millionaire film terbaik Februari 23, 2009

Posted by spanautama in KABAR UTAMA.
trackback

Bintang Slumdog Millionaire
Slumdog Millionaire meraih delapan penghargaan Oscar.

Film sukses Inggris Slumdog Millionaire meraih dua penghargaan utama di Academy Awards sehingga menggondol delapan Oscar termasuk sutradara dan film terbaik.

Di malam keberhasilan bagi Inggris, Kate Winslet merebut penghargaan aktris terbaik untuk The Reader, sekaligus puncak prestasinya setelah enam kali dinominasikan.

Kejutan malam di Academy Awards dialami Sean Penn, dengan gelar aktor terbaik bagi perannya sebagai pegiat hak-hak gay Harvey Milk.

Malam itu milik Slumdog Millionaire, kisah untuk menjadi jutawan yang menggetarkan para penonton di seluruh dunia.

Sutradaranya Danny Boyle, 52 tahun, ketika menerima penghargaan itu mengatakan, “Saya bersumpah (kepada anak-anak saya) jika keajaiban ini terjadi saya akan menerimanya dengan semangat Tigger.”

Film yang berlatar belakang kawasan kumuh di Mumbai, meraih delapan penghargaan termasuk skenario adaptasi terbaik, sinematografi terbaik, mixing suara terbaik, editing film terbaik, lagu original dan lagu terbaik.

Komposer India AR Rahman, yang menerima dua Oscar, memuji Mumbai yang menginspirasikan lahirnya buku itu dan kemudian film.

Aktor pembantu terbaik

Aktor asal Australia Heath Ledger yang sudah meninggal meraih Piala Oscar untuk perannya sebagai aktor pembantu sebagai Joker dalam film The Dark Knight.

Heath Ledger
Heath Ledger menjadi orang kedua yang meraih Oscar setelah meninggal dunia.

Keluarganya menerima penghargaan itu atas nama Ledger yang meninggal karena overdosis di New York bulan Januari 2008.

“Kami sangat tersanjung dengan menerima penghargaan ini dan penghormatan disampaikan kepadanya untuk hadiah ini,” kata ibunya.

Ledger menjadi orang kedua yang memenangkan Oscar setelah meninggal, menyusul kemenangan Peter Finch untuk Network tahun 1977.

Sebelumnya, aktris Spanyol Penelope Cruz meraih salah satu penghargaan tertinggi dalam Academy Awards ke-81 di Hollywood.

Penelope Cruz
Penelope Cruz menjadi aktris pertama Spanyol yang meraih Oscar

Bintang berusia 34 tahun itu memenangi Piala Oscar pertama untuk aktris peran pembantu sebagai karakter penuh gairah dalam film Vicky Cristina Barcelona karya sutradara Woody Allen.

“Setiap orang tampak mukanya pucat disini. Saya mungkin salah satunya,” ujar Cruz yang sebelumya pernah dinominasikan tahun 2007.

Cruz, yang menjadi aktris pertama Spanyol yang meraih Oscar, mendedikasikan penghargaan itu kepada “semua bintang film dari negara saya”.

“Terima kasih Woody karena mempercayai saya untuk karakter yang indah ini,” katanya.

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: