jump to navigation

TENTANG KAMI

Sekolah

Merupakan bangunan atau lembaga untuk belajar dan mengajar serta tempat menerima dan memberi pelajaran.Sekolah dipimpin oleh seorang Kepala Sekolah. Kepala sekolah dibantu oleh wakil kepala sekolah.Jumlah wakil kepala sekolah di setiap sekolah berbeda, tergantung dengan kebutuhannya.Bangunan sekolah disusun meninggi untuk memanfaatkan tanah yang tersedia dan dapat diisi dengan fasilitas yang lain.

Ketersediaan sarana dalam suatu sekolah mempunyai peran penting dalam terlaksananya proses pendidikan.

Sarana Prasarana Sekolah

Sekolah di pedalaman Sudan, 2002

Sekolah di pedalaman Sudan, 2002

Ukuran dan jenis sekolah bervariasi tergantung dari sumber daya dan tujuan penyelenggara pendidikan. Sebuah sekolah mungkin sangat sederhana dimana sebuah lokasi tempat bertemu seorang pengajar dan beberapa peserta didik, atau mungkin, sebuah kompleks bangunan besar dengan ratusan ruang dengan puluhan ribu tenaga kependidikan dan peserta didiknya. Berikut ini adalah sarana prasarana yang sering ditemui pada institusi yang ada di Indonesia, berdasarkan kegunaannya:

Ruang Belajar

Ruang belajar adalah suatu ruangan tempat kegiatan belajar mengajar dilangsungkan. Ruang belajar terdiri dari beberapa jenis sesuai fungsinya yaitu:

Kantor

Ruang kantor adalah suatu tempat dimana tenaga kependidikan melakukan proses administrasi sekolah tersebut, pada institusi yang lebih besar ruang kantor merupakan sebuah gedung terpisah.

Perpustakaan

Sebagai satu institusi yang bergerak dalam bidang keilmuan, maka keberadaan perpustakaan sangat penting.Untuk meminjam buku, murid terlebih dahulu harus mempunyai kartu peminjaman agar dapat meminjam sebuah buku.

Halaman/Lapangan

Merupakan area umum yang mempunyai berbagai fungsi diantaranya:

Ruang lain

Sejarah Sekolah di Indonesia

Sekolah sebelum masa penjajahan

Sebelum masa penjajahan pendidikan yang ada di Indonesia berupa pendidikan nonformal. Pendidikan ini telah ada sejak Jaman Kerajaan Hindu (atau sebelumnya), sekolah/pendidikan dilangsungkan di tempat ibadah, perguruan atau padepokan.

Sekolah pada masa penjajahan

Pendidikan formal di Indonesia mulai dikenal pada masa ini, pada awal masa penjajahan sampai tahun 1903 sekolah formal masih dikhususkan bagi warga Belanda di Hindia Belanda. Sekolah yang ada pada masa itu diantaranya ELS, HIS, HCS, MULO, AMS

Sekolah saat ini

Sekolah menurut status

Menurut status sekolah terbagi dari:

Seragam sekolah

Kewajiban mengenakan seragam sekolah diterapkan di beberapa negara. Di Indonesia, untuk sekolah milik pemerintah, biasanya seragam disamakan sesuai dengan tingkatannya. Seragam Sekolah Dasar (SD) berwarna putih merah. Seragam Sekolah Tingkat Pertama (SMP) berwarna putih biru, sedangkan untuk seragam Sekolah Tingkat Atas (SMA) berwarna putih abu-abu. Seragam sekolah swasta ada yang berbeda dari seragam sekolah milik pemerintah.

Iklan

Komentar»

1. tanti - Juni 13, 2008

ini adalah blog yang paling banyak topik bahasan yang saya pernah temui.

2. SerbaBuku - Juli 21, 2008

Selamat pagi,

Salam kenal…kami dari SerbaBuku.com ingin menawarkan
kerjasama dalam hal pemasangan serta pertukaran link dengan spanautama.wordpress.com.

Silahkan bertukar link dengan menggunakan link di bawah ini:

http://serbabuku.com/index.php?option=com_linx&task=add_link&Itemid=35

Demikian informasi dari kami, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Salam,

Marketing Support (info@serbabuku.com)
Serba Buku.com
http://serbabuku.com
Buka setiap hari pukul: 08.30 – 15.30 (kecuali Minggu/Hari Libur)
Jl. Bulaksumur A-18, Jogjakarta 55281
Telp./SMS. 0274 655 6755
Fax. 0274 562 053

3. agnessekar - Februari 21, 2009

Selamat Malam admin smp Nyalinding, abdi oge asalna sakola di Sukabumi, SD di MY, SMP di KB, teras ngalanjutkeun ke SMA I Sukabumi teras ka UNPAD Bandung, teras ka Nagara @anguru ayeuna damel di Kalteng, Rasana rindu ka lembur makanya abdi mampir ka iyeu Blog. Kumaha Sukabumi masih sejuk ? Masih aya Omcom ? sareng Peyeum ?.Pokoknamah teu tiasa hilap sareng karedok Sukabumi anu raos tea. Salam tepang ti abdi mantan warga Sukabumi.

Regards, agnessekar.wordpress.com

4. Tia - Februari 24, 2009

salam,
apakah bisa di share ilmunya bagaimana cara memasukkan item2 di side bar seperti live traffic feed, vflagcounter, flickr, dsb.

salam,
Tia

5. Re_fLy - Mei 22, 2009

Nggbung y..
Wat temua angktan 20o8/20o9,, muga2 d lu2sn temua. Amien..
Tonk bosen brkarya..
One message for you.. Just spred all of your wings and always chase your dreams. Leave all the pain and make our life beggin. And when its seems to be hard. To live in always but we must go on and always truglling and make all our dreams come true.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: