jump to navigation

Israel Reskontruksi Sinagog Dekat Al Aqsho Oktober 15, 2008

Posted by spanautama in KABAR UTAMA.
trackback

 Israel kemarin Senin (13/10) memulai merekonstruksi kembali sinagog Yahudi “Ohel Yitzhak” di Jerusalem Timur. Sinagog itu terletak sekitar 80 meter dari lokasi Masjid Al Aqsha. Sinagog itu pertama kali didirikan tahun 1917 tapi kemudian hancur pada tahun 1948.

TV Israel menanyangkan ceremonial acara pembukaan, yang juga dihadiri oleh sejumlah pejabat keamanan Kota Jerusalem, seperti Mayor Uri Lupolianski, pendeta Shmuel Rabinovich dan kerabat milyuner AS, Irwin Moskowitz yang menjadi penyokong dana utamanya.
Menurut Rabinovich, Moskowitz adalah pemilik sinagog Ohel Yitzhak.Dia adalah orang yahudi dalam penempatan penduduk Yahudi di kawasan muslim di Jerusalem Timur. Dia pula yang memberi hak kelola kepada Yayasan Western Wall Heritage untuk mengelola sinagog tersebut serta melakukan penggalian di sekitar area masjid Al Aqsha. Yayasan ini pula yang mengontrol penggalian tanah di Old City, Jerusalem Timur untuk mencari benda-benda sejarah peninggalan Yahudi di Jerusalem.

Menanggapi dimulainya rekontruksi sinagog tersebut, Yayasan Al Aqsha Untuk Wakaf Palestina menuduh hal itu sebagai upaya Israel untuk menampakan seolah-olah Jerusalem Timur adalah tanah milik Yahudi. Yayasan Westren Heritage ditenggarai bekerjasama dengan The Israel Antiquities Authority untuk menggali dan membuat terowongan-terowongan di Jerusalem dan sekitar area Masjid Al Aqsha. Terowongan tersebut, menurut Yayasan Al Aqsha, untuk menghubungkan antara sinagog Ohel Yitzak di area pemukiman muslim dengan Tembok Barat di kawasan pemukiman Yahudi di Jerusalem. (rmd/si-iol)

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan komentar